Jenis kenari American Singer Canary dan cara pemasteran

Jenis kenari  American Singer Canary dan cara pemasteran - Kenari jenis American Singer Canary merupakan kenari yang secara postur tubuh atau fisik indah sekaligus memiliki suara bagus dan merdu di telinga. Burung jenis American Singer Canary merupakan hasil persilangan antara burung Kenari Border yang dikenal berpenampilan indah dan burung Kenari Roller yang memiliki suara merdu. 

Kenari ini sering disebut sebagai kenari terbaik, baik dari sisi postur maupun dari sisi suara. Menjadi kenari kecil yang hidup aktif, Amerika Singer Canary adalah pilihan yang baik bagi pemula dan penjaga berpengalaman. Meski demikian, burung kenari American Singer Canary digolongkan sebagai salah satu dari “Song Canary”, yakni diternak untuk menghasilkan kenari dengan suara yang merdu dan bukan pada penampilan fisik atau warna. 

Jenis kenari  American Singer Canary dan cara pemasteran

Pada dasarnya, setiap “Song Canary” harus memiliki tipe lagu yang khas, dengan standar lagu yang jelas dan berbeda dari varietas “Song Canary” lainnya. Jenis kenari yang digolongkan ke dalam “Song Canary” lainnya adalah Roller Canary, Spanish Timbrado, Rusian Singer Canary dan Waterslager Canary.

Burung jenis kenari American Singer Canary dikembangkan pada tahun 1930-an oleh sekelompok wanita yang kemudian dikenal sebagai “The Eight Boston House Wives”. Pada awalnya mereka melontarkan gagasan untuk mengembangbiakkan kenari yang selain indah juga memiliki lagu indah. 

Burung kenari jenis American Singer Canary awalnya disebut “North American canary” dan dihasilkan dari silangan Roller Canary Jerman (30%) dan Border Canary (70%). Burung ini paling banyak menyebar di Amerika. American Singer Canary berpostur sepanjang sekitar 5 3/4 inci (14,6 cm) dan muncul dengan berbagai warna termasuk kuning, penggemar putih, hijau, biru, oranye, warna perunggu, coklat, coklat kekuningan, dan aneka warna lainnya.


Cara pemasteran dimulai dari piyek atau remaja.

Sewaktu masih piyek, piyekan burung jenis American Singer sudah diperkenalkan dengan suara atau lagu-lagu kenari dewasa, terutama nyanyian atau lagu dari indukan atau kenari dewasa. Setelah berusia 2 bulan, anakan kenari mulai belajar berkicau atau ngriwik.

Setelah sekitar 6 minggu kenari muda mulai mampu berkicau dengan irama dan karakter yang dimilikinya, sampai irama atau lagu menjadi sempurna hingga berusia diatas 8 bulan. Bahkan kenari betina yang masih muda pun juga sering terdengar belajar berkicau, walaupun setelah dewasa burung betina akan jarang sekali berkicau atau bunyi.

Begitulah sangat sulitnya untuk membedakan kenari American Singer jantan dan betina pada waktu umur 7 bulan karena semua bisa berbunyi dengan bagus. Pada waktu pemasteran bisa menggunakan beberapa cara, misalnya menggunakan Mp3 atau burung dewasa yang sudah gacor.


Lama pemasteran sekitar 4 minggu setelah itu burung mampu membedakan antara lagu hasil rekaman dari pemasteran itu. Karena itulah banyak penangkaran burung jenis kenari American Singer yang memasterkan piyekan dengan kenari berkualitas volume tinggi dan lagu-lagu yang berfariasi supaya mendapatkan suara lagu bagus.