Kegunaan buah dan sayuran bagi burung pleci

Kegunaan buah dan sayuran bagi burung pleci - Akhir - akhir sekarang ini di dunia perkicauan telah digemparkan tentang munculnya burung kecil yang berwarna dominan hijau bertubuh kecil yaitu biasa orang sebut burung pleci atau burung kaca mata. Karena burung ini telah mempunyai suara yang merdu dan keras mempunyai suara yang bervariasi, burung pleci ini sekarang telah banyak digemari oleh para kalangan penghobi burung kicauan.

Dari penelurusan saya dikalangan masyarakat yang gemar dengan burung ternyata burung pleci ini telah mendominan dikalangan masyarakat. Tahukah anda bahwa burung pleci juga suka memakan sayuran dan buah. Para penggemar burung berkicau telah memberi berbagai makanan agar burung kesayangan mereka bisa berbunyi dengan merdu dan keras mereka telah berupaya berbagai macam cara makanan yang mereka berikan, kali ini saya akan memberikan kurang lebihnya tentang makanan atau sanyuran makanan burung pleci.

Kegunaan buah dan sayuran bagi burung pleci

Buah dan sayuran untuk burung pleci :

1. Buah pisang.

Buah pisang menjadi buah wajib atau makanan pokok bagi burung pleci, buah pisang juga banyak mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, Vitamin C, dan juga mengandung zat gizi lainnya, tetapi buah pisang juga bisa membuat burung pleci bisa menjadi gemuk.

2. Buah pepaya.

Burung pleci telah menyukai buah pepaya kenapa burung pleci suka buah pepaya karena buah pepaya mempunyai khas rasa manis dan juga ada beberapa bermanfaat dan mengandung beberapa kandungan seperti di bawah ini :

a. Menurunkan birahi burung pleci yang sedang birahi atau OB (Over Birahi).
b. Mengandung antioksidan yang banyak.
c. Mengandung beberapa vitamin seperti Vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalsium, asam panthotenic, flavanoid.
d. Mencegah dehidrasi.
e. Ketika burung pleci kepanasan buah pepaya ini solusinya bisa untuk menurunkan suhu tubuh yang panas.

3. Buah apel.

Buah apel biasanya juga diberikan pada burung pleci karena juga bisa menjadi tambahan makanan yang bergizi dan juga banyak vitamin yang terkandung di dalam buah apel. Manfaat buah apel pada burung pleci, yaitu sebagai berikut :

a. Mencukupi kebutuhan nutrisi.
b. Mencegah dehidrasi.
c. Meningkatkan kekebalan tubuh pada burung pleci.
d. Meningkatkan birahi.

4. Buah kelengkeng.

Buah kelengkeng juga disukai oleh burung pleci karena rasanya manis dan segar bukan hanya burung pemakan buah kita juga suka, buah kelengkeng juga bermanfaat untuk burung pleci, yaitu sebagai berikut :

a. Meningkatkan stamina setelah mabung.
b. Melancarkan pada pencernaan.
c. Mencegah tidak mudah stres.

5. Buah wolfberry.

Buah wolfberry sebagai makanan tambahan untuk burung pleci yang juga dipercaya bisa memancing untuk buka paruh bisa juga dikatakan ngeplong dalam berkicau. Buah wolfberry ialah buah impor yang bisa kita dapatkan di toko-toko swalayan besar seperti supermarket.

6. Wortel dan tomat.

Buah wortel dan tomat ini juga termasuk kategori sayuran. Sayuran ini juga baik untuk pertumbuhan burung pleci dan bagus juga untuk bulu agar tetap mengkilap.

7. Buah jeruk.

Buah jeruk bisa menjadi pengganti nektar yang biasanya juga dikonsumsi burung pleci di alam liar. Buah jeruk ini mempunyai rasa yang manis agak asam dan banyak mengandung air, Buah jeruk bisa bermanfaat juga untuk burung pleci, yaitu sebagai berikut :

a. Pengganti nektar.
b. Menetralisir racun yang berada di dalam tubuh burung pleci.
c. Melancarkan pencernaan burung pleci.
d. Banyak mengandung vitamin C.

Baca juga di bawah :


Cukup sekian dulu pencerahan atau informasi tentang kegunaan sayuran dan buah yang bisa saya berikan semoga bermanfaat bagi para pecinta burung pleci mania, dan tidak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman yang membaca artikel dari saya semoga sukses.