Trik mandi es malam hari (burung pentet/cendet) yang banyeki

Trik mandi es malam hari (burung pentet/cendet) yang banyeki - Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman saya akan memberi pengalaman saya tentang perawatan burung pentet. Memang burung pentet tidak bisa lepas dari segala masalah yang kita hadapi.

Memelihara burung cendet memang tidak bisa dilepaskan dari segala permasalahan yang dihadapi para pemiliknya, terutama jika burung masih berusia muda. Masalah yang sering muncul adalah burung yang semula rajin bunyi atau gacor, menjadi jarang berbunyi atau macet bunyi dengan kondisi mengembangkan bulu-bulunya. Sesekali cendet mengeluarkan suara miyik. Terapi mandi malam bisa dicoba sebagai salah satu solusinya.

Trik mandi es malam hari (burung pentet/cendet) yang banyeki

Sebagian besar semua orang para pecinta burung terutama burung pentet pasti mengalami masalah seperti itu secara umum burung pentet macet atau biasa orang (jawa) bilang banyeki itu terjadi karena kurangnya nutrisi atau gizi bisa juga malah sedang mengalami over birahi. Ada juga yang sudah memiliki karakter sifat yang sering dimanja.

Ketika burung pentet sudah dewasa atau mapan maka karakter banyeki atau manjanya akan hilang dengan sendirinya, tetapi semua itu belum tentu burung pentet yang sudah dewasa bebas dari masalah manja tersebut semua itu kita kembalikan kepada para pemilikinya yang merawat.

Trik cara mengatasi burung pentet yang telah macet berkicau atau biasa orang jawa malahan banyeki :

  • Harus sering-sering dimandikan pada waktu malam hari, jika burung pentet mengalami macet berkicau atau banyeki. Kita bisa dengan cara menyemprot atau dikaramba tergantung kebiasaan sehari-hari waktu kita memandikan burung kesanyangan kita.
  • Waktu memandikan malam hari kita bisa melakukan sekitar pukul 20.00 WIB sampai 21.00 WIB jika kita sudah punya waktu longgar saja. Ketika kita memandikannya tidak harus sampai basah yang penting sudah kelihatan kena air dingin kalau ada air es saja.
  • Sesudah kita mandikan burung pentet kesayangan kita, maka burung kita angin-anginkan dan diberi makanan tambahan seperti kroto kurang lebih 1 sendok. Jika bulu sudah kering burung kita krodong lagi sampai pagi.
  • Ketika sudah menjelang pagi hari burung kita buka krodongnya dan kita kasih lagi makanan terutama kroto kurang lebihnya 1 sendok, dan jangkrik bisa diberikan sesuai aturan yang kita berikan setiap harinya.

Cara terapi dengan mandi malam ini kita bisa melakukan setiap hari sampai burung pentet bisa berkicau normal seperti sedia kala yang sering kita dengar kicauannya. Ketika pada waktu terapi burung pentet kita tingkatkan penjemurannya dari hari biasanya.

Pada waktu burung masih muda biasanya sudah sering kali mengalami gejala-gejala sering macet berkicau, maka dari itu saya sarankan jangan sampai lupa untuk memperhatikan pola makannya terutama pada makanan yang bergizi seperti kroto, jangkrik, ulat dan lain-lain. 
Adapun hasilnya semua itu tergantung pada karakter burungnya kita cuma bisa berusaha semaksimal mungkin supaya bisa kita atasi semua masalah pada burung kita. Semoga sedikit artikel saya diatas menjadi bermanfaat bagi teman-teman yang sudah membacanya dari pengalaman saya sendiri. Semoga berhasil menerapkan terapi diatas.