Burung jenis Fife Fancy Canary dan Gloster Fancy Canary

a. Fife Fancy Canary

Burung jenis Fife Fancy Canary dan Gloster Fancy Canary - Burung kenari jenis Fife Fancy Canary ini juga merupakan ''type canary'', dikembangbiakkan untuk mendapatkan karakteristik fisik tertentu ketimbang untuk menghasilkan warna atau suara lagunya. 

Jenis kenari burung ini baru dikembangkan pada tahun 1950-an oleh penagkaran Skotlandia dan penagkaran lain di kawasan yang disebut Fife. Burung berjenis fife fancy ini sebenarnya merupakan burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil.

Burung jenis Fife Fancy Canary dan Gloster Fancy Canary

karena juga demikian karena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali perbedaan ukurannya kurang lebihnya sekitar 11-12 cm. Burung jenis ini sangat mudah dikembangbiakkan dan dapat memberikan fariasi bulu sangat bagus.

b. Gloster Fancy Canary

Burung kenari yang berjenis Gloster Canary memiliki dua versi, burung yang typenya berjambul sebagai 'Corona' sedangkan yang polos di kepalanya tanpa mahkota disebut Consort termasuk type canary, Gloster Fancy Canary tergolong jenis burung kenari baru.

Jenis burung kenari ini tergolong kecil, dengan panjang badan tak lebih dari 11 cm. Burung kenari gloster sengaja dikembangbiakkan ke arah jenis yang kecil atau kerdil dan diusahakan agar selalu kerdil atau kecil, sehingga burung ini tidak boleh lebih dari 11 cm di waktu memasuki lomba di luar negeri.

Ciri-ciri kenari Gloster :


a. Burung ini memiliki manyoritas berwarna kuning.
b. Bagian sanyap berwarna putih atau kehijau-hijauan sama seperti bagian ekornya.
c. Di bagian kepalanya terdapat mahkota ada juga yang polos tidak bermahkota.