Kenari Crested Canary (kenari jambul) jenis tertua

Kenari Crested Canary (kenari jambul) jenis tertua - Para pecinta burung kicau mania pasti tidak asing lagi dengan burung kenari yang terkenal suaranya merdu melengking panjang dan berwarna yang indah termasuk burung kenari jenis canary Crest atau Crested Canary. Burung kenari ini termasuk tergolong jenis yang paling tua dan burung kenari ini sudah ada sekitar tahun 1950-an.

Ketika burung jenis kenari ini di kenal dengan nama Turn Crown dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi) juga disebut burung yang mempunyai mahkota di kepalanya seperti raja. Mahkota burung ini haruslah besar dan mengembang dari tengah-tengah kepalanya dan mengembang ke depan sampai ke paruhnya hampir sejajar dengan matanya sehingga mata hampir tertutup.

Kenari Crested Canary (kenari jambul) jenis tertua

Jenis burung kenari mahkota Crested Canary yang baik harus memiliki bentuk yang baik juga, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Burung kenari mahkota adalah burung yang berjenis postur tubuh yang besar dan harus memiliki kepala besar dan leher yang pendek sama seperti burung kenari yang berjenis norwich.

Burung jenis kenari Crest ada yang mempunyai mahkota tetapi juga ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota. Jenis burung kenari yang terpopuler sebagai ''type canary'' crested (bermahkota berjumbai).

Jenis-jenis burung kenari mahkota :

a. Gloster Canary.
b. Crested Stafford Canary.
c. Crested Norwich Canary.
d. Crested Lancashire Canary.


Begitulah jenis-jenis burung kenari yang bertype mahkota atau raja, memang burung kenari sangat disukai oleh penggemar burung berkicau. Ketika burung ini berbunyi suaranya bisa melengking indah dan merdu makanya setiap pecinta burung kenari sangat pesat perkembangannya di dunia kontes atau lomba.