Ramuan obat serak burung pleci (kaca mata)

Ramuan obat serak burung pleci (kaca mata) - Di dunia binatang khususnya pada pecinta burung kicauan, selama ini semakin banyak para pecinta burung pleci walaupun postur tubuhnya kecil tetapi memiliki kualitas suara yang bagus tidak kalah dengan kualitas suara burung-burung besar lainnya apalagi kalau sudah buka paruh dan suaranya bisa lantang nembak-nembak.

Oleh karena itu banyak orang para pecinta burung ocehan semakin tergila-gila pada burung pleci selain dari keindahan suara dan gaya mungkin karena banyaknya kontes burung pleci atau kaca mata yang banyak diselenggarakan di berbagai wilayah atau kota-kota besar baik dari kalangan lokal maupun nasional.

Burung pleci serak

Selain itu burung pleci atau kaca mata ini masih mudah dicari dan gampang didapat, burung pleci atau kaca mata yang memiliki suara lantang dan keras tidak serak tentunya akan enak didengar pada waktu berkicau, tetapi jika burung pleci atau kaca mata mengalami gangguan pada suara atau bisa disebut suaranya serak pada umumnya biasanya ada luka atau terinfeksi pada rongga tenggorokan.

Maka dari itu ketika burung peliharaan kita suaranya serak maka kita harus segera mengobati atau memberikan perawatan khusus agar kondisi burung tidak menjadi lebih parah atau jika terlambat dalam menangani maka burung kesayangan kita bisa-bisa menjadi bisu tidak bisa berkicau lagi.

Ada berbagai cara untuk mengatasi penyakit serak atau burung tidak bisa berkicau dengan lantang dan keras. Kalian bisa membelikan obat di warung tempat jual beli burung dan aneka ragam makanan burung biasanya sudah banyak tersedia berbagai macam obat untuk burung.

Kalau bisa saya sarankan lebih baik kita membuat ramuan obat sendiri karena lebih efisien tidak tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia seperti bahan pengawet. Kalau kalian mencoba membuatnya sendiri obat mengatasi suara burung serak saya akan berikan ramuan yang sering saya terapkan pada burung saya khususnya burung pleci atau kaca mata.

3 cara membuat ramuan obat serak khusunya pada burung :

  1. Kita bisa berikan minuman air teh diberi gula manis tetapi kondisi masih hangat.
  2. Memberikan minuman larutan seperti cap kaki tiga kita berikan pada burung pleci sampai burung tidak serak lagi.
  3. Rebus daun saga dengan air sekitar 2 gelas dan tambahkan 2 sendok gula, tunggu sehingga air mendidih lalu angkat dan saring rebusan daun saga tersebut dan biarkan sampai dingin, setelah air rebusan itu dingin kita langsung bisa berikan pada burung pleci yang suaranya serak.

Baca juga di bawah ini :


Semoga pengalaman yang saya bagikan ini bisa berguna bagi teman-teman kicau mania pecinta burung pelci atau kaca mata. Sekali lagi kita hanya bisa berusaha dan dilandasi dengan berdoa semoga berhasil.

Salam kicau mania......