Terapi burung pleci tidak mudah stres

Terapi burung pleci tidak mudah stres - Ketika kita akan memilih burung pleci ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar mendapatkan burung yang berkualitas dapat tampil menarik baik dari bentuk tubuh atau suara bunyi kicauannya, juga perlu perawatan yang benar dan baik agar mendapatkan burung menjadi bahagia menjadi sehat tentunya akan rajin berkicau.

Pada saat burung pleci rajin atau sering berkicau tentunya kita akan merasakan bangga dan senang, bahagia karena tujuan yang utama ketika kita mempunyai burung pastinya burung yang rajin berkicau dapat kita nikmati suaranya yang merdu.

Burung Pleci

Pastinya kita kecewa ketika burung yang kita pelihara tidak rajin berkicau bahkan tidak bunyi sama sekali dan sering melakukan loncat-loncat saja. Kondisi situasi seperti ini yang tentunya tidak kita inginkan karena tujuan utama memelihara burung itu kita nikmati suara dan lagu-lagu yang dikeluarkan dari mulut burung yang kita pelihara.

Ketika burung pleci kondisi fisik tidak baik atau disebabkan karena beberapa hal :

  • Kurang jemuran.
  • Burung mabung.
  • Burung kurang asupan gizi.
  • Kondisi alam yang tidak menentu seperti panas.

Semua itu sangat berpengaruh pada suara burung pleci menyebabkan akan malas berkicau, tidak jauh beda dengan kita ketika kondisi badan lagi tidak fit maka kita akan merasakan malas beraktifitas, maka dari itu kita harus menjaga agar kondisi burung pleci selalu sehat memperbaiki kondisi fisik burung jika kurang sehat atau tidak fit.

Cara memperbaiki kondisi burung pleci yang tidak sehat kita bisa lakukan dengan memberikan makanan secara alami dan makanan tambahan seperti Extra Foding (EF) sedikit lebih banyak lagi dari porsi sebelumnya. Minuman madu juga sangat baik untuk kesehatan tubuh burung pleci untuk daya tahan tubuh dari segala penyakit yang akan menimpa si burung tersebut.

Pemberian madu bisa kita lakukan dengan cara mencampur dengan voer atau dioleskan pada buah pisang, pepaya, bahkan juga bisa dengan Ulat hongkong atau balap. Selain makanan faktor yang paling peting untuk memandikan burung pleci.

Karena mandi juga bisa untuk terapi dan juga bisa membersihkan tubuh dan bulu-bulu supaya tidak mudah terkena kutu dan mudah meredakan stres, waktu memandikan burung pleci sebaiknya kita lakukan memandikan burung pleci 2 kali dalam satu hari.

Terapi burung pleci supaya tidak mudah stres :

  • Dengan cara pengembunan atau ketika pagi hari atau malam burung pleci kita taruh diluar rumah supaya bisa terkena embun pagi hari sampai matahari terbit. Cara ini bisa kalian uji coba pada burung pleci lainnya yang masih muda atau sudah bunyi rajin.
  • Terapi mendengarkan dengan cara kita dekatkan dengan air bertujuan agar burung pleci merasa seperti di alam liar atau habitat aslinya. Kita bisa tempatkan sangkar di dekat kolam atau kamar madi supaya burung pleci mendengarkan gemericik suara air yang berjatuhan.
  • Mempertemukan burung pleci dengan burung sejenis atau bisa saja di sebut dengan cara mengeces, bisa menggunakan jantan maupun betina, ketika setelah burung pleci dipisahkan bisa saling bersautan dengan cara berkicau.
  • Memaster atau mendengarkan dengan burung khas pleci supaya burung pleci menjadi rajin berkicau, bisa dilakukan mendekatkan atau mendengarkan suara-suara atau lagu-lagu yang sejenis burung pleci. Jika tidak mempunyai dengan burung lain kita bisa menggunakan yang sama dengan khas suara seperti kenari, Blackhtroat dan lain-lain.

Baca juga di bawah ini :

Maka dari itu kita harus memelihara burung pleci dengan penuh rasa kasih sayang pastinya burung pleci akan memiliki suara yang berkualitas bagus dan rajin berkicau apalagi jika kita ikut sertakan lomba dan mendapatkan juara, maka pastinya kita akan bangga dan senang.