Cara dan tips menjinakkan burung jalak

Cara dan tips menjinakkan burung jalak -  Siapa yang tidak kenal jenis burung jalak ? Di setiap pecinta burung banyak yang suka dengan burung yang jinak. Karena burung jalak ini memang mudah dilatih dan cepat jinak. Burung dari keluarga jalak-jalakan seperti jalak kerbau, jalak nias, jalak suren, jalak bali dan masih banyak lagi tidak bisa menyebutkan satu persatu bahkan ada juga beberapa jenis burung jalak yang mampu menirukan atau pandai berbicara seperti manusia jika kita rajin melatihnya.

Sebagian besar jenis burung jalak merupakan burung penetap. Ketika terlepas biasanya burung tidak akan pergi jauh dari lingkungan yang sudah dikenalnya atau cuma berterbangan di wilayah yang dia tinggalkan. Melatih burung jalak supaya menjadi jinak sebenarnya sangat mudah, kuncinya ialah melatihnya dengan rutin dan penuh dengan kesabaran.

Melatih dengan rutin membuat burung jalak mampu mengenali materi yang kita ajarkan kepadanya termasuk keluar masuk sangkar, menghampiri pemiliknya saat mengeluarkan suara-suara tertentu atau bahasa tertentu contohnya seperti kita bersiul, dan mengikuti pemiliknya pergi kemanapun pergi.

Sebaiknya sebelum kita melatih kita harus perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Kondisi burung jalak harus sehat atau tidak sedang kondisi sakit.
  • Lingkungan tempat latihan sebaiknya bebas dari binatang yang bisa membuat burung takut seperti anjing, kucing dan lainnya, serta aktivitas manusia selain itu tidak banyak pohon besar di sekitar lingkungan.
  • Kita pilih burung jalak yang masih muda.
  • Kalau burung sudah kondisi dewasa atau tua sebaiknya burung dalam kondisi sudah jinak tidak terlalu liar atau tidak takut pada manusia.
  • Latihan pada waktu pagi hari jangan pada waktu siang hari karena burung mudah stres tidak konsentrasi jika kondisi cuaca panas.
  • Jangan melatih burung pada waktu matahari mulai tenggelam karena burung jalak tidak kontrol karena berkurangnya indra penglihatan.

Trik yang perlu diperhatikan :

  • Burung sebaiknya cukup diberi makan sekali pada pagi hari sebelum latihan.
  • Pakan kita angkat selama sekitar 4 jam sebelum burung kita latih.
  • Pada waktu kondisi burung jalak lapar akan mempermudah burung bisa menuruti apa yang kita ajarkan.

Tips 1. Dalam ruangan.

Latihan dalam ruangan

  • Ketika burung jalak dilatih agar terbiasa berada di luar sangkar atau kandang, maka dari itu kita bisa melatih burung di dalam kamar atau ruangan tertutup.
  • Kandang atau sangkar burung taruh di lantai kemudian buka pintunya secara perlahan dan biarkan burung jalak mengeksplorasi ruangan atau mengenal lingkungan ruangan.
  • Lalu kita panggil dengan bahasa isyarat atau dengan siulan sambil kita membawa makanan berupa jangkrik atau uler atau voer, lakukan dengan berlangsung terus menerus sampai burung mau menghampiri makanan ditangan kita, karena burung jalak dalam kondisi lapar burung akan segera mendekat.
  • Kalau burung tidak mau mendekat kita bisa menyebarkan sedikit pakan di lantai bawah pintu sangkar biasanya burung akan menghampiri pakan dan segera masuk ke dalam sangkar untuk mencari makanannya.
  • Lakukan dengan sabar sampai burung mau mengambil makanan di tangan kita, lama proses ini kurang lebih 5 hari.

Tips 2.

  • Masih menggunakan kamar atau ruangan tertutup coba biasakan burung untuk masuk sangkarnya pada waktu kita suruh. Misalnya dengan bersiul atau melalui kata-kata, hal tersebut nantinya bisa memudahkan kita pada waktu membawa burung jalak ke tempat yang terbuka.
  • Melatih burung jalak agar mau masuk ke dalam sangkar kita bisa memanggilnya sambil duduk di belakang sangkar dengan posisi pintu sangkar atau kandang menghadap ke burung.
  • Kita pancing dengan makanan seperti jangkrik atau uler dari belakang sangkar dengan tetap menggunakan bahasa isyarat atau siulan sampai burung jalak mau masuk ke dalam sangkar dan mengambil makanan dari sela-sela jeruji sangkar.
  • Lakukan dengan cara terus-menerus sampai burung masuk ke dalam sangkar ketika kita panggil atau dengan siulan walaupun tanpa kita menggunakan pakan jangkrik atau uler untuk memancingnya masuk dalam sangkar.

Tips 3. Di luar ruangan .

Latihan di luar ruangan

Ketika kita melatih burung jalak di luar ruangan kita harus mempunyai keberanian yang tinggi dari pemiliknya karena tidak sedikit orang yang takut tidak berani dengan cara seperti itu karena takut burungnya akan terbang jauh dan kabur tidak kembali lagi.

Jika sebelumnya kita telah memberikan latihan dasar kepada burung jalak dan sudah terlihat hasilnya maka dari itu kita tidak perlu khawatir lagi burung akan terbang pergi jauh tidak mau kembali. Jika kita masih khawatir burung akan lepas, maka dari itu kita bisa melakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Kaki burung diikat dengan benang sepanjang yang kita inginkan.
  • Ketika burung sudah terlatih di luar ruangan maka kita bisa melepaskan tali pada kakinya.
  • Cara ini biasanya diterapkan pada burung seperti nuri, elang, burung hantu.

Saya ingatkan sekali lagi sebelum melatih burung jalak sebaiknya dalam kondisi lapar, taruh sangkar di atas tanah atau lantai lalu buka pintunya dan biarkan burung keluar dari sangkar dengan sendirinya, setelah itu cobalah berdiri dalam jarak cukup jauh misalnya sekitar 3 meter dari burung lalu kita panggil burung jalak sambil menunjukkan makanan seperti jangkrik, ulat hongkong atau voer.

Kalau burung menghampiri tahap berikutnya ialah mulai memberikan jarak lebih jauh lagi sekitar 10-15 meter atau tergantung jarak tali yang kita ikatkan pada kaki burung jalak, lalukan dengan cara rutin terus-menerus sampai burung jalak menghampiri saat kita mengangkat tangan sambil memanggilnya dengan cara kita bersiul.

Latihan ini kita lakukan secara berulang-ulang setiap hari selama 3 atau 4 hari, sampai burung jalak benar-benar terlatih dan faham dengan maksud kita mengangkat tangan sambil bersiul itu tandanya kita memanggil burung jalak tersebut.

Untuk melatih burung jalak masuk dalam sangkarnya dengan cara mengangkat sangkar lalu menunjukkan kepada burung dengan pintu sangkar terbuka. Kalau burung sudah mau menghampiri sangkar maka dari itu kita sudah tidak perlu lagi dengan tali.

Tips 4. Lepaskan burung di luar.

Tahap terakhir ini kita akan memberikan kesempatan kepada burung untuk bermain-main di sekitar sangkar atau di luar ruangan halaman rumah. Kalau burung jalak sudah terlatih maka ia tidak akan berada jauh dari sangkar dan pemiliknya. Posisi sangkar harus kondisi pintunya terbuka dengan makanan lengkap dalam sangkar.

Jadi ketika burung jalak merasa lapar burung akan masuk dalam sangkar dengan sendirinya, selai itu kita dapat mengajak burung jalan-jalan untuk membiasakan burung jalak berada di samping kita kemanapun kita pergi selalu ikut.

Baca juga di bawah ini :


Selamat mencoba tips-tips yang saya berikan kepada teman-teman pecinta burung semoga berhasil dan tidak mengecewakan hasilnya. Tetapi ingat juga dengan berdoa semoga berhasil karena kita cuma bisa berusaha semaksimal mungkin dan yang menghendaki keberhasilan kita Allah SWT.....amiiiiiin.