Proses penangkaran cocak hijau atau murai daun

Proses penangkaran cocak hijau atau murai daun - Ketika kalian ingin menangkarkan burung cocak hijau pilihlah pejantannya yang sehat tidak cacat fisik dan sudah gacor apalagi yang sudah mempunyai juara dalam kontes perlombaan yang umurnya sekitar di atas 2 tahunan, sedangkan yang betina yang berusia sekitar diatas 1 tahun mulus dan tidak cacat fisik sudah mau bunyi kalau dekat dengan cocak hijau jantan dan pilih jantan dan betina yang sudah jinak tidak takut pada manusia.

Asal usul dari daerah manapun terserah kalian yang sukai bisa dari daerah Banyuwangi, Jember, Blora, Sumatra, Kalimantan atau dari manapun. Setelah semua kita seleksi memilih yang bagus bakal indukannya kita lanjutkan ke dalam proses penjodohan.  Ketika penjodohan kita bisa menggunakan sangkar bersekat atau sangkar harian kita dekatkan kedua sangkar jantan dan betinanya.

Dalam proses penjodohan ini sangkar kuduanya harus selalu berdekatan agar jantan yang sudah birahi pada tahap awal akan selalu berkicau atau merayu si betina dengan mengeluarkan lagu-lagu yang merdu, dan betina akan menanggapi dengan siulan-siulan khas betina, kalau keduanya belum mau jodo maka si betina akan menjauh untuk menjauhi pejantan. 

Proses penangkaran cocak hijau atau murai daun

Proses penjodohan ini kita harus sabar karena memerlukan waktu yang cukup lama atau sebentar tergantung sama birahinya burung itu sendiri. Kita harus perhatikan apakah burung jantan dan betina sudah birahi atau belum kalau kedua burung sudah saling birahi mudah-mudahan cepat jodoh dan mau produksi.

Karena faktor birahi sangat mempengaruhi proses penjodohan dan juga umur juga bisa mempengaruhi, makanya kita menggunakan trik sangkar yang berbeda dan kita dekatnya agar bisa mengetahui sudah jodoh atau belum karena jika belum jodoh langsung kita campur bisa-bisa bertarung atau bisa fatal salah satu ada yang mati.

Tif Burung Cocak Hijau Cepat Jodoh :

  • Hari pertama kita berikan Exstra Fooding jantan dan betina beri 10 ekor jangkrik dan 10 ekor cacing dengan bertujuan untuk keduanya meningkatkan birahinya.
  • Hari kedua Exstra Fooding jantan masih tetap jumlahnya tapi jatah pemberian jangkrik pada betina kita kurangi menjadi 5 ekor saja.
  • Hari ketiga pemberian jangkrik pada jantan di tambah dan si betina dikurangi lagi menjadi 2 ekor jangkrik saja.


Ketika kita akan memandikan kedua burung kita lepas bersamaan ke dalam karamba agar kita bisa mengetahui burung cocak hijau itu sudah jodoh belum kalau burung cocak hijau tidak bertengkar itu sudah ada tanda-tanda burung sudah mau jodo, jika kedua burung masih bertengkar maka kita harus pisahkan lagi berarti burung belum mau jodo proses ini bisa memakan waktu sekitar 1 bulan maka kita harus sabar.

Baca juga di bawah ini :


Sekali lagi saya ingatkat kita juga harus berdoa kepada Allah SWT tanpa ridoNya kita tidak bisa berhasil kita hanya bisa berusaha dan dilandasi sabar karena sabar kunci dari kesuksesan jangan cepat menyerah dalam usaha. Selamat mencoba semoga berhasil...........sukses.