Membedakan jantan dan betina cocak hijau daun muda (4 bulan)

Membedakan jantan dan betina cocak hijau daun muda (4 bulan) - Setiap pencinta burung berkicau pastinya tidak asing lagi dengan burung yang bercirikhas ngentrok dan jambul ini dengan sebutan cocak hijau. Pasti para pemula yang belum mengetahui jantan dan betina untuk ukuran umur yang masih muda atau belum memakai topeng, kali ini saya akan mengulas perbedaan burung cocak hijau jantan dan betina.

Burung cocak hijau memang sangat agak sulit untuk membedakan jantan dan betina bagi pemula, saya akan memberikan informasi jika burung cocak hijau pada dagu dan tenggorokan berwarna hitam dan yang betina berwarna hijau.

Jika teman-teman yang akan mengadopsi burung cocak hijau yang masih muda sekitar umur 3-4 bulan, sangat sulit untuk membedakan jantan dan betina karena keduanya memiliki postur tubuh yang hampir sama, bulunya juga warnanya sama hijau muda dan ada warna kuning di bawah paruh atau dagu sampai leher memang sangat sulit bukan.....hehehehe jangan kawatir saya akan memberikan tips untuk membedakan jantan dan betina ketika masih muda khusus bagi para pemula.

Membedakan jantan dan betina cocak hijau daun muda (4 bulan)

Tetapi bagi para master yang sudah bertahun-tahun memelihara burung cocak hijau pastinya tidak mengalami kesulitan untuk membedakan jantan dan betina pada waktu masih muda bakalan. Kalau teman-teman yang masih pemula hati-hati ketika akan membeli burung cocak hijau yang masih muda sebaiknya anda mengajak teman yang sudah paham betul dengan burung cocak ijo supaya tidak keliru dalam memilih.

Ciri-ciri jantan dan betina burung cocak hijau :

  • Ketika burung cocak hijau masih berumur sekitar kurang lebih 4 bulan pada alis mata yang melingkar dipinggirnya berwarna kuning dan pada betina berwarna putih.
  • Kita bisa lihat dari paruhnya bagian bawah, jika paruhnya bagian bawah berwarna coklat tua agak hitam itu jantan dan yang betina berwarna agak keputihan.
  • Burung cocak hijau ketika masih berumur 4-6 bulan, bagi yang jantan kuning dibawah paruh atau di dagu akan berbintik-bintik hitam, dan yang betina berubah menjadi semakin putih agak kehijauan.
  • Semakin lama bertambahnya umur yang jantan akan semakin hitam dibagian leher hingga bawah matanya dan yang betina maka berwarna hijau agak putih.

Baca juga di bawah ini :


Semoga sedikitnya artikel saya mudah-mudahan bisa berguna bagi para pecinta burung berkicau terutama bagi para pemula pecinta burung jenis cocak hijau yang selama ini menjadi misteri bagi para pecinta yang sulitnya membedakan antara pejantan dan betina bagi burung cocak hijau yang masih muda.