Perawatan burung pleci kontes mandi malam

Perawatan burung pleci kontes mandi malam - Kicau mania, masih tentang seputar burung jenis pleci atau burung kaca mata. Burung pleci kalian ingin tampil semaksimal mungkin ketika di ajang perlombaan kontes suara ? Pastinya kalian kecewa ketika burung jagoan kita pada saat lomba tidak tampil bagus tetapi ketika di rumah malah bagus.

Burung pleci atau burung kaca mata rajin berkicau dan volume suara keras ketika dirumah, pada waktu ketika diikut sertakan dalam perlombaan malah tidak mau berkicau malahan cuma loncat-loncat di dalam sangkar. Saya punya sedikit pengalaman tentang cara membuat burung pleci bisa tampil bagus pada waktu kontes.

Pleci mandi malam

Cara perawatan menjelang kontes :

Mandi malam dengan air dingin

Pada waktu malam hari kita lakukan pemandian burung pleci dengan air dingin, waktu yang bagus untuk memandikan sekitar pukul 19.00 WIB - 21.00 WIB. Cara untuk memandikan dengan menyemprotkan air dingin menggunakan alat semprot burung (Sprayer) sampai burung basah kedinginan tetapi air yang dikeluarkan harus lembut seperti embun.


Ketika proses pemandian sudah selesai, lalu burung pleci diberikan makanan 2 sendok teh kroto dan 3 ekor ulat hongkong yang masih muda atau berwarna putih dan diangin-aginkan dan bulu mulai terlihat kering lalu burung dikrodong sampai menjelang berangkat kontes pada pagi hari.

Perawatan pagi hari

Ketika pagi hari sudah tiba sekitar pukul 05.00 WIB burung pleci yang masih dikrodong tadi lalu dibuka dan diangin-anginkan di teras. Kemudian pada waktu sekitar pukul 07.00 WIB burung pleci dimandikan lagi seperti yang dilakukan pada saat pemandian malam hari dan diberikan Extra Foding (EF) kroto 2 sendok makan serta 3 ulat hongkong yang masih muda.

Trik ketika di arena kontes

Ketika pada waktu di lapangan kontes perlombaan sebelum kita gantangkan, burung pleci yang masih dalam kondisi dikrodong kita buka kurang lebih 20 menit saja untuk adaptasi situasi lapangan. Sebelum lomba dimulai waktu 5 menit kita lakukan untuk membersihkan kandang dari sisa-sisa makanan yang terjatuh dibawahnya untuk menghindari burung pleci makan ketika kontes berjalan.

Perawatan di rumah burung pleci

Pada waktu dirumah untuk merawat burung pleci sehari-hari sebaiknya kita mandikan burung pleci atau kaca mata 3 kali sehari dengan cara di semprot menggunakan sprayer air yang dikeluarkan juga lembut yaitu pagi, sore dan malam hari juga diberikan kroto dan ulat hongkong pada pagi hari dengan porsi yang sama ketika kita akan kontes yang saya sudah jelaskan di atas.

Ketika pagi hari kita jemur kurang lebih 30 menit saja dan diberikan buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel, atau sawo itu semua makanan kesukaan burung pleci. Kenapa kita harus jemur sebentar ? Karena burung pleci tidak tahan dengan cuaca panas.

Baca juga di bawah ini :



Selamat mencoba cara-cara perawatan burung pleci menjelang kontes supaya hasilnya memuaskan semoga berhasil seperti yang kita harapkan dan juga dilandasi dengan berdoa.