Pemilihan murai batu yang bagus diantara hutan dan penangkaran

Pemilihan murai batu yang bagus diantara hutan dan penangkaran - Pengusaha penangkaran murai batu saat ini mulai banyak digemari para pecinta burung karena prospeknya kedepan sangat bagus. Karena pasokan jenis burung murai batu di hutan mulai berkurang karena setiap hari terus ditangkap para pemburu dan peminat burung jenis murai batu semakin banyak.

Bayak pecinta burung murai batu yang tidak sabar memelihara dari hasil tangkapan hutan karena untuk menjinakkan memerlukan waktu yang cukup lama penuh kesabaran. Selain itu jika kita membeli burung murai batu dari penangkaran kita bisa memilih kualitas indukannya yang bagus juga cepat bunyi dari penangkaran daripada dari hutan.

Pemilihan murai batu yang bagus diantara hutan dan penangkaran

Kalau nasib kita bagus dalam memilih trotolan dari penangkaran ketika masih trotol pun sudah mulai ngriwik dan ketika sudah lepas mabung trotol biasanya murai batu dari penangkaran sudah bisa berbunyi ngerol-ngerol atau ngeplong bahkan ada juga yang sudah berani di perlombakan atau konteskan.

Bagi para pengusaha penangkaran burung murai batu dalam kondisi sekarang ini sangat menguntungkan karena sejauh ini belum pernah mendengarkan cerita bahwa anakan burung murai batu harganya jatuh bahkan semakin melambung tinggi karena semakin banyak yang memesan dan stok penangkaran sangat minim.

Tetapi agar kita bisa menjadi penangkar murai batu yang produksinya selalu dicari para pecinta burung murai batu atau penghobi, kita harus tingkatkan kualitas produknya. Selain kita harus mencari indukan di arena perlombaan dan kita juga bisa melakukan silangan antara jenis murai batu.

Contohnya biasanya silangan antara murai batu ekor panjang atau biasanya disebut dengan jenis murai batu Medan super dengan jenis murai batu Nias ekornya hitam tanpa putihnya, kenapa kita kok harus menyilangkan jenis ini, karena jenis murai batu Nias biasanya cenderung dengan isian-isian tembakan-tembakan suaranya yang tinggi atau kristal tetapi banyak orang tidak suka karena ekornya hitam tidak ada putihnya jika kita silangkan dengan yang ekor putih supaya menghasilkan anakan ekor putih tapi suaranya didapatkan keturunan dari pejantannya yang berjenis Nias.

Baca juga di bawah ini :


Sebenarnya burung murai batu ekor hitam mempunyai suara yang bagus dengan nada tinggi melengking dan kristal, dari pengamatan saya pada waktu di perlombakan jarang sekali burung murai batu ekor hitam atau biasa disebut murai batu Nias yang menjadi juara bahkan belum pernah mengalami ada kebanyakan yang juara yang ekornya ada putihnya atau biasa disebut murai batu Medan atau murai batu Lahat yang biasanya menjadi kandidat juara.