Perawatan burung kontes burung cocak ijo (Banyuwangi)

Perawatan burung kontes burung cocak ijo (Banyuwangi) - Selamat datang para juragan-juragan saya akan memberikan sedikit tif tentang perawatan burung perkicau yang saya akan bahas ini tentang perawatan burung cocak ijo yang sering menjadi kegemaran para master kicau mania.

Perawatan burung yang satu ini sangat mudah cuma dengan makan pokoknya hanyalah pisang. Setiap burung cocak ijo gemar dengan makan buah-buahan terutama buah pisang yang saya gunakan biasanya pisang yang berjenis gepok goreng (kalau orang jawa). Karena buah pisang terbagi beberapa jenis ada pisang ambon, pisang raja, pisang unyil, pisang gepok putih, dan gepok goreng dan lain-lain.

Perawatan burung kontes burung cocak ijo (Banyuwangi)

Burung cocak ijo juga terbagi beberapa jenis atau asal usulnya yang paling disukai para master kicau mania adalah burung cocak ijo jenisya besar atau biasa orang sebut yang berasal dari Banyuwangi yang portur tubuhnya besar dan berwarna hijau tua sangat mudah untuk membedakan jenis burung cocak ijo ini.

Biasanya yang untuk berlomba atau kontes adalah burung cocak ijo dari Banyuwangi. Burung cocak ijo ada beberapa jenis ada yang berasal dari Jember dan Sumatera. Biasanya yang paling mahal harganya adalah cocak ijo dari Banyuwangi karena mempunyai mental tarung yang bagus dan suaranya bisa lebih kencang dibanding dengan burung cocak ijo Jember ataupun dari Sumatera.
Cara perawatan burung cocak ijo ini sangat mudah setiap pagi atau sore harus dimandikan supaya tidak mudah terkena penyakit atau kutu yang biasanya menjadi momok bagi para burung jika burung terkena kutu atau penyakit bisa membuat burung stres atau tidak mau berbunyi. Makanan juga harus terjaga setiap satu minggu sekali diberi fitamin atau makan yang bernutrisi termasuk kroto, jangkrik, ulat dan lainya.