Burung ngomong khas jalak nias

Burung ngomong khas jalak nias - Burung yang berjenis burung jalak banyak yang menyukai karena juga termasuk tergolong burung pandai, pintar dan cepat sekali dalam meniru suara burung lain. Bukan hanya itu saja, beberapa spesies burung jalak juga memiliki kemampuan meniru suara manusia seperti jalak nias.

Meski memiliki keterbatasan terutama dibandingkan dengan burung beo, jalak nias yang rutin dilatih bisa juga fasih dan jelas dalam menirukan kalimat-kalimat pendek yang biasa diucapkan manusia. Melatih burung jalak agar memiliki kemampuan bicara memang akan lebih mudah dan efektif jika dilakukan sejak masih anak atau trotolan.

Burung ngomong khas jalak nias

Bagaimana kalau latihan dimulai ketika burung sudah memasuki remaja ? Peluang keberhasilan masih ada, tetapi latihan harus benar-benar rutin. Tetapi pada jalak nias dewasa, upaya melatih sangat sulit, apalagi jika burung dalam kondisi belum jinak.

Secara logika tahap demi tahap yang dilakukan saat melatih beo bicara tersebut dapat juga diterapkan pada jalak nias. Hanya saja untuk melatih jalak nias dan sejenisnya sebaiknya menggunakan kata singkat atau kalimat pendek, dibandingkan dengan jalak suren dan jalak kerbau, jalak nias malah justru lebih mudah dilatih sehingga mampu meniru suara manusia secara fasih.

Di sejumlah negara di dunia baik di Eropa, Asia maupun Australia banyak penggemar jalak nias yang berhasil melatih burung ini bicara dan menjadi salah satu burung populer. Sebelum melatih bicara jalak nias, ada baiknya kalian terlebih dahulu mengetahui karakter dasar, perilaku, atau kebiasaan burung tersebut. Kalau sudah mengetahui karakter burung jalak nias tersebut kita bisa mengikuti kemauan mereka dan mendalami sifat-sifatnya agar pelatihan lebih mudah dilakukan.

Selama ini sejumlah mitos beredarnya mengenai hal-hal yang terkait dengan melatih bicara burung jalak nias, bahkan di negara-negara lain juga banyak dijumpai serupa meskipun dengan fersi yang berbeda. Di negara-negara lain ada juga keyakinan burung jalak yang akan dilatih bicara harus diolesi dengan cabai (mitos). Pastinya teman-teman bingung dibagian mana yang diolesi? Di bagian lidahnya, ini mitos awal syarat untuk nantinya burung jalak agar cepat bicara.

Meskipun cukup menggelikan karena lidah burung berbeda dengan lidah manusia yang bisa merasakan asam, pahit, asam, pedas. Bahkan beberapa burung jenis burung yang berparuh bengkok  juga menyukai cabai-cabaian. Saya juga pernah mendengar mitos bahwa melatih bicara burung beo maupun burung jalak harus diawali dengan memotong ujung lidahnya.

Walaupun yang dipotong bagian ujung lidah yang berarti percabangan lidah yang merupakan tulang rawan, sebaiknya abaikan saja mitos tersebut. Karena tindakan tersebut tidak memberikan efek pengaruh pada kepintaran burung dalam berbicara. Sebenarnya masih banyak mitos-mitos lainnya yang tidak masuk akal tetapi tidak perlu diperpanjang lagi.

Trik melatih jalak nias ngomong :

  • Burung sering diajak ngomong dengan menggunakan kalimat-kalimat pendek.
  • Anda bisa merekam dengan MP3 kalimat yang pendek.
  • Burung jalak bisa didekatkan dengan burung beo yang sudah pandai bicara.
  • Burung sering didengarkan kata-kata berulang-ulang.
  • Pada waktu melatih burung jalak nias dikrodong biar fokus.

Baca di bawah ini :


Semoga menjadi manfaat bagi teman-teman pecinta burung berkicau dan menjadikan motifasi yang bermanfaat dalam melatih burung semakin cerdas dengan apa yang kita inginkan. Tetapi semua itu tidak lepas dengan kehendakNya kita hanya bisa berusaha dan didampingi dengan berdoa semoga berhasil.