7 macam jenis spesies burung pleci kaca mata

7 macam jenis spesies burung pleci kaca mata - Di negara Indonesia ternyata burung pleci atau kaca mata telah dibedakan menjadi beberapa jenis, tetapi bagi yang pemula memang sulit untuk memilih jenis burung pleci yang bagus atau yang biasanya untuk menjadi juara dalam ajang perlombaan atau kontes.

Kalau bagi yang sudah lama memelihara burung pleci pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis burung pleci yang banyak spesiesnya berbeda-beda. Sampai saat ini yang saya ketahui baru 7 jenis burung pleci atau burung kaca mata ini.

Burung pleci atau kaca mata sekarang ini baru naik daun atau baru menjadi terfaforit bagi pecinta burung berkicau dan juga menjadi fenomenal dengan semakin banyaknya penggemar atau kolektor burung berkicau. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang jenis-jenis burung pleci atau burung kaca mata yang ada di sekitar lingkungan kita.

7 macam jenis spesies burung pleci kaca mata

Kita bisa membedakan jenis burung pleci atau burung kaca mata ini dengan bentuk fisik dan jenis suaranya atau kicauannya, memang semua jenis burung pleci bisa bunyi bagus tergantung kita yang memelihara dan merawatnya.

7 Jenis spesies burung pleci atau burung kaca mata :

1. Burung Pleci Buxtoni : Burung pleci jenis ini telah memiliki lagu atau suara yang nyaring dan melengking, kristal, hampir sama dengan burung pleci yang berjenis dada kuning tetapi juga mempunyai postur ukuran tubuh yang hampir sama cuma beda dengan bentuknya agak bulat. 

Ciri-cirinya :
a. Mempunyai warna dada abu-abu.
b. Memiliki garis kuning di dada.
c. Punggungnya berwarna kuning kehijauan.
d. Garis mata berwarna putih.
e. Populasinya terdapat di Jawa Barat dan Sumatera.

2. Burung Pleci Montanus (Monty) : Burung pleci jenis monty ini telah memiliki beberapa ciri pada fisiknya ialah pada dada berwarna abu-abu dan punggungnya berwarna agak kuning kehijauan dan dipinggir dada terdapat warna coklat juga mempunyai ukuran fisik agak lebih besar dan bongsor daripada pelci yang berdada kuning burung pleci jenis monty ini juga mempunyai khas suara yang kasar, garis mata berwarna putih. Spesies ini terdapat di daerah wilayah Jawa.

3. Burung Pleci Salvadori Enggano : Burung pleci yang jenis salvador ini habitatnya terdapat di daerah Sumatera dan juga memiliki khas suara atau lagu yang keras dan lantang juga seperti burung pleci jenis auriventer, cuma saja berbeda dengan postur tubuhnya yang lebih besar dan bulat, kepalanya agak berwarna hitam, pada dada berwarna abu-abu gelap dan kuning.

4. Burung Pleci Black Capped/Cap : Burung pleci ini harus di juluki black karena disesuaikan dengan khas warna burungnya yang pada ujung kepalanya telah berwarna hitam, warna pada dadanya abu-abu dan pada punggungnya berwarna kuning kehijauan tetapi mempunyai postur tubuh yang ramping juga mempunyai suara yang pelan tetapi mendengung.

5. Burung Pleci Mata Putih : Burung pleci yang satu ini yang selalu di buru para pecinta burung berkicau yang sering untuk di konteskan atau dilombakan. Karena burung pleci yang jenis ini mempunyai jiwa mental petarung. Kebanyakan orang menyebutnya burung pleci mata putih atau pleci muria dengan ciri khas suara yang bagus keras, kristal, nyaring.

6. Burung Pleci Mata Coklat : Burung pleci jenis mata coklat telah banyak kita jumpai di pasar burung atau juga masih banyak di alam liar terutama di Jawa, burung pleci jenis mata coklat ini telah di jual dengan ombyokan di pasar burung. Burung pleci mata coklat ini juga mempunyai suara yang bagus nyaring dan kristal mempunyai ciri tubuh kecil dan matanya coklat pada dada berwarna kuning, punggungnya hijau agak kuning.

7. Burung Pleci Auriventer : Burung pleci yang berjenis auriventer ini memang tergolong langka maka dari itu burung pleci jenis auriventer ini harganya sangat mahal dan juga memiliki khas suara yang mengebas dan mendayu-dayu. Burung pleci ini memiliki ciri khas pada dada berwarna abu-abu dan punggung berwarna hijau tua, ada garis tipis di bagian dada, mempunyai ukuran tubuh panjang dari pada jenis burung pleci dada kuning, mempunyai kaca mata yang tebal putih, habitatnya terdapat di daerah Sumatera.

Pada dasarnya jenis-jenis spesies burung pleci atau burung kaca mata ini telah saya cerahkan dengan berbagai jenis dan ciri-ciri tersendiri supaya bagi teman-teman yang belum banyak mengetahui tentang jenis-jenis macam burung pleci atau burung kaca mata semoga bisa menambahkan wawasan bagi pecinta burung kicau mania.

Baca juga di bawah ini :


Cukup sedikit yang bisa saya sampaikan tentang jenis-jenis burung pleci atau burung kaca mata yang sedang naik daun ini dan juga banyak di buru para pecinta burung berkicau dan para kolektor-kolektor pecinta burung kicau mania.