Trik merawat burung pleci atau kaca mata yang mabung

Trik merawat burung pleci atau kaca mata yang mabung - Burung jenis pleci yang mempunyai keunikan dengan mempunyai ciri di pinggir matanya mempunyai garis putih seperti kaca mata bisa juga disebut burung kaca mata. Burung jenis pleci ini berpostur tubuh kecil dan mempunyai warna dominan hijau.

Burung pleci merupakan burung yang hidupnya berkelompok atau koloni di alam liar, burung pleci ini sekarang baru naik daun banyak orang yang berlomba-lomba untuk membeli burung pleci ini karena harganya juga terjangkau dan apabila burung sudah bisa gacor dan bisa memperoleh juara dalam kontes maka burung pleci ini harganya juga bisa melambung tinggi.

Ketika burung ini mabung atau pergantian bulu dalam proses mabung burung pleci ini memerlukan waktu yang cukup lama, pada saat mabung bulu yang sudah tua atau lama akan ganti menjadi bulu muda, ketika burung pleci atau kaca mata ini ketika mabung tidak mau bunyi atau berkicau. Pada waktu mabung burung harus mendapatkan perawatan yang exstra supaya pada pergantian bulunya sempurna dan cepat.

Trik merawat burung pleci atau kaca mata yang mabung

Kali ini saya akan memberikan tips perawatan burung pleci yang sedang mengalami mabung atau pergantian bulu. Sebenarnya perawatan burung pleci ketika mabung tidak jauh beda dengan perawatan burung-burung lainnya. Seperti ketika merawat burung cocak hijau, murai batu, cendet, kacer,dan lain sebagainya.

Kebutuhan burung pleci atau burung kaca mata sedang mabung ganti bulu ialah nutrisi dan vitamin yang tercukupi maka dari itu kita harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, protein dan vitaminnya agar proses pergantian bulunya berjalan dengan baik dan lancar mendapatkan bulu yang sempurna.

Kita haus bisa menenangkan burung pleci ketika masa mabung karena jika burung ini tidak merasa tenang jika mengalami stres macet kita akan kesulitan atau lama bunyinya maka dari itu harus memerlukan konsentrasi yang tinggi agar burung pleci tidak macet atau stres.

Tips Merawat Pleci Mabung :

a. Makanan.

Ketika burung pleci atau kaca mata sedang mabung kita berikan makanan voer yang berkualitas contohnya seperti SKM, LEOPART. Voer harus selalu diganti setiap hari supaya selalu segar dan tidak menjamur, karena biasanya voer yang sudah lama di tempat wadah biasanya akan menjamur apalagi ketika kita sering memandikan dengan disemprot dan juga mengenai voer maka voer bisa jadi jamur, maka dari itu kita berikan voer secukupnya untuk sehari saja besoknya lagi kita bisa beri yang baru lagi.

b. Makanan Exstra Fooding (EF) Tambahan.

Selain makanan voer kita bisa tambahkan dengan makanan seperti buah (pisang, pepaya) agar tercukupi nutrisinya dan juga bisa ditambahkan exstra fooding seperti ulat kandang, kroto, ulat hongkong untuk makanan tambahan seperti exstra fooding ini kita tingkatkan lebih banyak pemberian dari pada waktu tidak mabung atau bisa ditingkatkan lebih banyak.

c. Multivitamin.

Kita juga perlu tambahkan multivitamin untuk menjaga jika kekurangan nutrisinya, karena bisa saja pemberian kroto, uler hongkong, uler kandang dan buah tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya burung pelci yang sedang mengalami pergantian bulu.

d. Lingkungan.

Lingkungan juga bisa berperan penting dalam proses pergantian bulu pada burung pleci. Ketika burung pleci sedang mabung atau ganti bulu harus mendapatkan kondisi lingkungan yang tenang, aman, nyaman lebih baik ditempatkan di ruangan yang khusus atau dikarantina supaya burung tidak merasa terganggu.

e. Memasteri.

Waktu yang tepat untuk memasteri burung pleci ini ketika burung sedang mengalami mabung atau ganti bulu, karena ketika mabung burung akan banyak diam. Suara untuk master pilihlah yang mempunyai karakter seperti burung pleci agar bisa banyak mendapatkan lagu-lagu yang bervariasi.

f. Jemur dan Mandi.

Kita tidak perlu menjemur atau memandikan ketika burung pleci sedang mengalami mabung karena jika kita menjemur atau memandikan burung yang sedang mengalami mabung maka bulu burung tersebut akan lebih lama tumbuh, lebih baik malah ful krodong saja sampai masa mabung selesai.

Cara dari perawatan burung pleci yang sedang mengalami mabung itu kita harus utamakan makanan dan perawatan harian, maka dari itu kita harus benar-benar memastikan tercukupi asupan makanan nutrisi, vitamin, protein yang semua itu harus tercukupi untuk mempercepat tumbuhnya bulu yang baru lagi.

Baca juga di bawah ini :


Semoga bermanfaat artikel yang saya berikan ini untuk berbagi pengalaman jika kalian ada usul dan pendapat bisa di uraikan dalam komentar di bawah ini. Selalu simak artikel-artikel saya tentang dunia hewan burung yang berada di sekitar kita.