Tips mengetahui ciri jantan dan betina burung jalak suren/uren

Tips mengetahui ciri jantan dan betina burung jalak suren/uren - Burung Jalak Suren atau uren memang tidak asing lagi bagi para pecinta burung berkicau, pada jaman dahulu kala burung ini habitatnya hidup didaerah dekat pemukiman terutama di wilayah Jawa yang banyak di jumpai pada waktu kecil saya bahkan di kebun-kebun banyak berkeliaran burung jalak suren atau uren ini di sekitar kebun.

Bahakan sekarang sudah menjadi burung langka sudah tidak ada lagi di daerah perkampungan karena hampir punah banyak perburuan liar karena burung jalak suren ini sudah banyak yang menggemari salah satunya untuk masteran burung-burung seperti murai batu, cocak hijau, pentet, kacer.

Tips mengetahui ciri jantan dan betina burung jalak suren/uren

Sekarang burung ini sudah tidak lagi kelihatan di alam liar sudah hampir punah. Tetapi di sisi lain burung ini juga menjadi inspirasi para pecinta burung untuk menjadikan usaha karena burung ini sekarang sudah banyak di kembangbiakkan oleh masyarakat yang hobinya menangkarkan burung dan juga bisa untuk menjadi suatu bentuk usaha karena banyaknya orang yang berburu mencari burung jalak suren ini dan harganya juga lumayan tinggi.

Ketika di alam liar burung jalak suren ini kehidupannya biasanya berkelompok dan juga dulunya banyak ditemukan di daerah dataran rendah dan lembah-lembah. Burung jalak suren juga di sebut nama latin Stumus contra banyak di jumpai di wilayah Asia Tenggara dan India.

Ciri-ciri burung Jalak Suren atau Uren ialah :

  1. Berwarna dominan hitam dan putih.
  2. Tubuhnya sedang sekitar 25 cm.
  3. Pipi, tunggir, garis sayap, perut berwarna putih.
  4. Dada, tenggorokan, tubuh bagian atas berwarna hitam.
  5. Di sekitar mata yang tidak berbulu berwarna jingga.
  6. Paruh berwarna orange.
  7. Kaki berwarna kuning.
  8. Jika terbang burung jalak suren ini tidak cepat.

Beberapa kasus yang saya temukan di masyarakat tentang burung jalak suren atau uren ini telah kesulitan untuk membedakan antara burung jalak suren yang jantan dan yang betina, karena burung jalak suren atau uren ini memang sulit untuk dibedakan karena sama-sama memiliki suara yang bagus dan bervariasi dan sama-sama juga pandai menirukan burung jenis lainnya.

Tetapi anda harus bisa mengetahui perbedaan jenis kelamin burung jalak suren agar dalam memilih untuk penangkaran tidak kliru jantan semua atau betina semua. Saya akan memberikan sedikit perbedaan jenis kelamin jatan dan betina burung jalak suren ini.

Ciri Jalak Suren Jantan :

  • Kepala agak besar dan bulunya berwarna hitam legam.
  • Badannya lebih besar dan panjang di banding yang betina.
  • Ekor lebih panjang dari yang betina.
  • Warna merah di daerah matanya kelihatan lebih tajam atau jelas.
  • Jari-jari kakinya lebih panjang dari betina.
  • Jambul kepalanya lebih panjang dan lebar dari pada betina.

Ciri Jalak Suren Betina :

  • Postur tubuhnya lebih pendak dan bulat.
  • Warna bulunya hitam dan putih agak suram atau tidak jelas.
  • Paruh, jari kaki, dan ekornya lebih pendek dibanding yang jantan.
  • Warna merah pada sekitar mata berwarna pucat tidak tajam seperti yang di punyai burung jantan.
  • Lagu kicauannya lebih bervariasi dan keras.

Baca juga di bawah ini :


Jangan sampai tidak tahu untuk membedakan burung jantan dan betina karena jika tidak bisa mengetahui perbedaan burung jantan dan betina maka dalam usaha menangkarkan burung tidak bisa berhasil jika kliru jantan semua atau malahan betina semua. Saya sarankan amatilah dengan cermat dan teliti jangan sampai kliru jika ingin berhasil untuk usaha menangkarkan. Semoga sedikit informasi yang saya berikan semoga bermanfaat bagi para pemula dalam penangkaran atau memilih burung.