Mengatasi burung pentet yang takut pada benda-benda atau suara brisik di sekitar

Mengatasi burung pentet yang takut pada benda-benda atau suara brisik di sekitar - Selamat datang masih bersama saya dengan pembahasan tentang masalah-masalah burung kicauan seperti burung pentet atau cendet, berdasarkan dari pengalaman saya juga pecinta burung cendet atau pentet kerap kali menjadi perbincangan tentang masalah burung yang takut pada keadaan dan situasi :

  • Melihat sesuatu yang tak pernah dilihat oleh burung tersebut, seperti topi, warna terang, payung, maupun kendaraan dan lain sebagainya.
  • Mendengar suara-suara brisik seperti mobil, tleser, sepeda motor.
  • Burung digantangkan pada keramaian seperti di pasar, warung, pinggir jalan, banyak orang yang berada disekitar sangkar burung.
  • Rasa takut ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti trauma, karena merasa terancam dan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitar.

Mengatasi burung pentet yang takut pada benda-benda atau suara brisik di sekitar

Cara menanggulangi masalah itu kita butuhkan penanganan yang sesuai dengan penyebab-penyebab pada burung tersebut :

1. Burung pentet takut pada suara brisik kendaraan motor atau mobil.

Ketika burung pentet takut pada suara seperti suara mesin seperti kendaraan motor atau mobil, untuk menangani masalah seperti ini teman-teman bisa memanfaatkan rekaman dari suara yang menakutkan. Caranya kita bisa putar suara kendaraan, suara mesin brisik lannya yang membuat burung pentet bisa takut pada waktu setiap kurang lebih 1-2 jam sekali setiap hari. Semua ini bisa mengurangi rasa takut pada burung yang sedang mengalami trauma.

Setelah mengalami terapi tersebut biasanya burung pentet akan terbiasa sehingga tidak lagi mengalami ketakutan terhadap suara-suara brisik. Putar rekaman suara-suara brisik tersebut pada waktu burung sedang beristirahat pada siang dan sore hari pada waktu burung sedang dikrodong.
2. Burung pentet takut pada benda asing seperti topi dan warna yang mencolok.

Burung pentet ketika takut pada sebuah benda atau sesuatu yang sering dijumpai atau dipandang setiap hari, namun kondisi ini juga sering ditemukan pada burung pentet yang sudah dirawat sejak masih muda atau lama. Cara membuat burung pentet agar tidak takut pada benda-benda asing kita harus melatihnya supaya terbiasa.

Melatih burung pentet yang takut pada topi, payung atau benda-benda yang warnanya menyolok atau terang, kita bisa melakukan terapi dengan cara meletakkan benda yang membuat burung pentet takut di dekatnya atau tidak jauh dari sangkar. Cara ini bertujuan supaya burung bisa melihat yang selama ini dia takuti.

Sedikit artikel yang bisa saya tulis tentang burung pentet yang mengalami trauma dengan benda-benda asing atau suara-suara brisik yang dapat membuat burung cendet tersebut pengalami stres, semoga menjadi artikel yang bermanfaat bagi teman-teman yang telah membacanya.