Perawatan murai batu sangkar harian dan kebutuhan makanan EF

Perawatan murai batu sangkar harian dan kebutuhan makanan EF - Setiap perawatan burung pasti para master mempunyai cara-cara yang perlu diperhatikan tergantung jenis burung yang kita pelihara. Jika memelihara burung jenis murai batu yang paling utama pertama kita harus sesuaikan dengan tempatnya atau sangkar, makanan.

Kita bisa pelihara murai batu dengan sangkar yang bulat atau kotak tetapi biasanya burung murai batu dengan identik sangkar bulat. Jika kita menggunakan sangkar kotak kita bisa menggunakan yang berukuran 50x50x75 cm dan jika menggunakan sangkar yang jenisnya bulat kita bisa menggunakan dengan diameter sekitar 50 cm atau 60 cm tergantung jenis murai batu ekor panjang atau ekor pendek.

Perawatan murai batu sangkar harian dan kebutuhan makanan EF

Pangkringan atau tenggeran burung kita bisa menggunakan ranting atau kayu asem atau kita bisa membeli di toko pakan burung atau kios burung di sekitar kalian, ukuran pada tempat teggeran yang diameternya sekitar 1,5 cm, kita bisa membentuk leter T atau palang atas bawah bersusun.

Ketika pada malam hari kita harus mengrodong agar supaya burung tidak kedinginan dan yang paling penting untuk menghindari mangsa terutama tikus, ular. Pada siang hari kita tidak perlu mengrodong karena supaya murai batu terbiasa dengan kondisi ramai karena pada waktu dikonteskan tidak ngedrop dengan kondisi yang ramai.

Jangan lupa kita juga perhatikan pada makanan tiap hari. Kita penuhi kebutuhan vitamin, nutrisi, dan mineralnya supaya burung agar selalu kondisi sehat. Makanan yang baik kita lengkapi vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12,C dan K3 dan juga nutrisi seperti protein dan karbohidrat perlu kita menambahkan zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCI, Folic Acid.

Mineral juga perlu dibutuhkan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi pembuluh darah pada jantung untuk memenuhi kebutuhan organ tubuh burung. Semua ini harus kita cukupi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh burung kesayangan kita.

Jenis makanan untuk murai batu :

  • Makanan pokok voer (kita memilih kandungan protein sekitar 12%-18%) belum tentu voer yang harganya mahal bisa mencukupi protein. Di setiap hari kita selalu menyediakan voer pada cepuk tempat pakan burung.
  • Makanan tambahan yang perlu kita penuhi EF (Extra Fooding) yang baik untuk burung murai batu ialah : jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat bambu, orong-orong, cacing, kelabang, belalang. Ketika kita memberikan EF (Extra Fooding) kita juga sesuaikan dengan karakter burung, karena karakter pada burung berbeda-beda.

Baca juga di bawah ini :


Cukup sekian kiranya artikel saya semoga menjadi tambahan untuk pecinta burung murai batu semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman kicau mania. Jika ada saran atau kritik saya akan menerima dengan senang hati.