Ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin burung anis merah

Ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin burung anis merah - Bagaimana ciri-ciri untuk membedakan jantan dan betina bagi burung anis merah atau punglor, kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk membedakan jantan dan betina karena burung anis merah ini adalah burung monomorfik, maka perbedaan jantan dan betina tidak bisa dibedakan dengan melihat dengan ciri-ciri tubuhnya atau fisiknya.

Ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin burung anis merah

Kebanyakan masyarakat menyebutkan ciri tubuhnya tertentu ialah menandakan jenis kelaminnya, tetapi sesungguhnya sangat sulit membedakan jenis kelamin burung anis merah dewasa cuma dengan pengamatan fisiknya. Dengan demikian kebanyakan masyarakat untuk memilih meskipun tidak akurat 100%.

Cotohnya misalnya burung anis merah jantan memiliki warna bulu merah yang lebih terang dan tajam daripada yang betina, demikian juga dengan warna hitamnya lebih gelap atau legam. Ada pula yang yang dengan cara meraba kloaka untuk mengetahui kerapatannya tulang supitnya, jika tulang supitnya rapat dan runcing jantan tetapi jika tulang supit agak renggang atau lebar maka bisa dibilang betina.

Baca juga dibawah ini :


Burung anis merah juga bisa dilihat dari perilaku jika yang jantan melihat mendongak-dongakan kepalanya pada waktu melihat anis merah lain, dan yang betina tidak menunjukkan perilaku demikian. Tetapi kalau burung anis merah yang betina sedang birahi maka akan menglepar-ngleparkan sanyapnya dan berbunyi ciiiir....ciiirrr jika melihat burung anis merah jantan.